Lempeng Sagu Buatan Mbak Yulianti

RESEP KITA - Kali ini yang berbagi resep adalah mbak Yuliani Agustina member dari provinsi Kalimantan Tengah, yaitu resep lempeng sagu. Tetapi sebelum kita masuk ke resep kita bahas dulu nih apa sih sebenarnya sagu itu ?

Sagu adalah tepung atau olahan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia atau "pohon sagu" (Metroxylon sagu Rottb.). Tepung sagu memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka sehingga namanya sering kali dipertukarkan, meskipun kedua tepung ini berbeda.

Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. Sagu dimakan dalam bentuk papeda, semacam bubur, atau dalam olahan lain. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain itu, saat ini sagu juga diolah menjadi mi.

Sebagai sumber karbohidrat, sagu memiliki keunikan karena diproduksi di daerah rawa-rawa (habitat alami rumbia). Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri, walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan (menyulitkan distribusi).

OK selesai bahas sagu sekarang kita masuk pada resep lempeng sagu

By : Yulianti Agustina















Bahan-bahan :

  • Tepung sagu 6 sdm
  • Nasi 3 sdm
  • Garam setengah sendok teh ( boleh ganti royco) 
  • Minyak goreng 2 sdm

Cara Membuat Lempeng Sagu : 
  1. campur tepung sagu,nasi dan garam dlm wadah,tambahkan air sedikit ( jgn terlalu encer ) Aduk rata
  2. Panaskan minyak untuk menggoreng 2 sdm, masukan adonan 2 sdm ,pipihkan.. Masak hingga kecoklatan

Sajikan selagi hangat dgn cocolan saus sambal..

Cukup sekian dulu resepnya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga resep tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..