Singkong Keju Bakar

Singkong Keju Bakar - Singkong merupakan tanaman asli Brazil dan Paruguay, merupakan makanan pokok yang ada di  Indonesia dan Thailand, serta beberapa daerah di Afrika. Akarnya berfungsi sebagai sumber yang pati dan angat baik. Singkong menyediakan energy yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ketela Pohon (Singkong), merpakan tanaman perdu yang bisa mencapai 7 meter tinggi, dengan cabang agak jarang. Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Sigkong memiliki daun dengan jenis menjari, batangnya yang memiliki cambium mengakibatkan singkong dapat bertumbuh besar. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia.

Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.

Singkong atau ubi kayu merupakan jenis  pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Tanaman singkong mulai dikenal di Amerika selatan dan sudah dikembangkan sejak jaman manusia prasejarah.Bentuk-bentuk modern dari spesies singkong yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan.

Menambahkan singkong dalam makanan sehari-hari dapat menawarkan manfaat kesehatan karena kandungan vitamin, mineral, serat. Tetapi sngkong hanya di konsumsi setelah dimasak untuk menghndari paparan racun.

Sahabat RESEP KITA berikut ini resep Singkong Keju Bakar yang sudah disediakan untuk para sahabat sekalian..

Singkong Keju Bakar
By : Resep Kita


Bahan Singkong Keju Bakar :
  • 1 kg singkong, kupas
  • 150 gr keju cheddar, parut
  • 100 gr margarine
  • 100 gr susu kental manis
  • 1/2 sdt vanilla cair
  • kuning telur untuk olesan
Cara Membuat Singkong Keju Bakar :
  1. Kukus singkong hingga matang, angkat & haluskan selagi panas.
  2. Masukan margarine, susu kental manis & sebagian keju parut, padatkan diloyang / cetakan sesui selera.
  3. Olesi diatasnya kuning telur yg sudah dikocok lepas, kemudian taburi keju parut, panggang / oven selama 20 menit / sampai matang.
  4. Angkat & hidangkan.
Cukup sekian dulu resepnya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga resep tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..