Cara Membuat Buttermilk Muffin Keju

Cara Membuat Buttermilk Muffin Keju - Sahabat muffin merupakan kue khas dari negeri Inggris dan lahir pada zaman Victoria. Pada saat itu muffin banyak dijual oleh pedagang keliling dengan diletakkan di nampan di atas kepala. Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar dan tipis. Sahabat tau nggak bahan dasar muffin terbuat dari adonan roti yang diberi ragi. Paling enak, kue manis ini dinikmati saat musim dingin dan lho sahabat disajikan bersama minuman hangat seperti teh atau kopi waduh mantap deh pokoknya.

Cara makannya pun unik sahabat, harus disobek dulu dan diberi olesan mentega kemudian dipanggang lagi. Agar citarasanya lebih bervariasi, permukaannya diolesi dengan selai buah buatan sendiri. Amerika juga punya muffin, tetapi bahan pengembangnya menggunakan baking powder dengan proses dipanggang. Bahan utama tepung biasanya dapat diganti dengan tepung jagung.

Nah itulah sekilas pembahasan tentang muffin. Biar kita tahu apa muffin itu dan darimana asalnya. langsung saja nih sahabat kita akan mempraktekkan Cara Membuat Buttermilk Muffin Keju. Siapkan bahan-bahan dibawah ini ya sahabat :



Bahan - bahan

  • 250 gram tepung terigu serba guna
  • 120 gram keju cheddar parut
  • 150 gram gula pasir
  • 3 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur ayam ukuran besar
  • 135 ml susu cair (resep asli 235 ml susu cair)
  • 100 ml yoghurt
  • 50 gr margarin (resep asli 100 gram mentega/margarine, cairkan)
  • 50 ml minyak sayur
  • 20 gram keju cheddar parut untuk taburan
Cara membuat
  1. Siapkan oven, set disuhu 180’C. 
  2. Siapkan mangkuk cupcakes dari kertas atau cetakan muffin. Jika menggunakan cetakan, olesi cetakan dengan mentega dan taburi dengan tepung. Aku menggunakan kertas muffin.
  3. Ayak tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan.
  4. Di mangkuk terpisah, kocok lepas telur dengan menggunakan garpu atau pengocok telur dari kawat, tambahkan gula, garam dan mentega cair. Aduk rata.
  5. Tambahkan tepung terigu dan susu cair secara bergantian, aduk perlahan seperlunya saja hanya agar adonan basah. Jangan terlalu lama mengaduk, tidak perlu khawatir dengan gumpalan-gumpalan kecil tepung seukuran kacang tanah. Pada saat dipanggang gumpalan tersebut akan meleleh. Masukkan parutan keju, aduk rata.
  6. Masukkan adonan dengan tinggi 3/4 cetakan saja, adonan akan mengembang jadi jangan menuang adonan hingga mencapai mulut cetakan. Panggang selama 10 menit, keluarkan kue dari oven, taburi dengan keju parut, panggang kembali selama 15 – 25 menit, atau jika kita tusukkan tusuk gigi/lidi ke tengah kue maka tidak ada adonan yang menempel.
Waah makin luas aja nih pengalaman para sahabat RESEP KITA. Belajar terus yah sahabat tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat OK :D