Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah - Bebicara soal agar-agar sahabat pasti sahabat langsung terbayang dengan bentuknya yang kenyal, lembut dan rasanya yang manis. Agar-agar memang sangat enak karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut dan kenyal apalagi kalau disantap setelah didinginkan terlebih dahulu di lemari es mmm.. pasti rasanya seger banget tuh sahabat. Tetapi apakah para sahabat sekalian tau apa agar-agar itu sebenarnya dan cara perubahan bentuknya dari cair menjadi padat ? baca jawabannya dibawah ini ya sahabat

Agar-agar sebenarnya adalah karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Ia tergolong kelompok pektin dan merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa. Agar-agar dapat dibentuk sebagai bubuk dan diperjualbelikan.

Gel terbentuk karena pada saat dipanaskan di air, molekul agar-agar dan air bergerak bebas. Ketika didinginkan, molekul-molekul agar-agar mulai saling merapat, memadat dan membentuk kisi-kisi yang mengurung molekul-molekul air, sehingga terbentuk sistem koloid padat-cair. Kisi-kisi ini dimanfaatkan dalam elektroforesis gel agarosa untuk menghambat pergerakan molekul objek akibat perbedaan tegangan antara dua kutub. Kepadatan gel agar-agar juga cukup kuat untuk menyangga tumbuhan kecil sehingga sangat sering dipakai sebagai media dalam kultur jaringan. 

Kali ini RESEP KITA akan memberikan resep Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah 


Bahan Agar- agar Lapis Santan Gula Merah :
  • air 500 ml 
  • gula merah 180 g iris kasar 
  • agar agar bubuk putih 3 sdt 
  • daun pandan 1 lembar ( dibuat bersimpul ) 
  • santan kental 300 ml 
  • garam secukupnya
Cara Membuat Agar- agar Lapis Santan Gula Merah :
  1. Masak gula merah, air, agar agar serta daun pandan ke dalam panci, masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih lalu kecilkan apinya. Masak sekitar 20 menit hingga agar agar larut. 
  2. Campurkan garam dan santan kemudian pisahkan daun pandan dari agar agar, tuangkan santan kedalam larutan agar agar. Masak kembali sampai mendidih, lalu angkat. 
  3. Tuangkan agar agar ke dalam cetakan atau loyang, dinginkan hingga mengeras. Jika sudah dingin, simpan dalam kulkas agar lebih enak. 
  4. Jika sudah dingin secara otomatis santan akan berada diatas dan lapisan gula jawa berada dibawah. 
  5. Agar agar lapis santan gula merah siap dinikmati.
OK sahabat sudah selesai kan agar-agarnya, jangan lupa like, share dan subscribe nya yah sahabat. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai berjumpa lagi