Minuman Hangat Dari Jahe

RESEP KITA - Dikala malam mulai menebarkan hawa dinginnya, sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh tentu sangat diperlukan. Nah, soal minuman yang bisa menghangatkan dan sehat adalah jahe, karena rimpang ini bisa menghangatkan tubuh sekaligus bagus untuk mengusir masuk angin. Minuman hangat dari jahe atau yang populer wedang jahe sudah merupakan tradisi lama nenek moyang yang patut kita lestarikan, dan saat ini sudah terbukti secara klinis dan memang bagus bagi kesehatan. Ada banyak sekali minuman hangat atau dingin yang berbahan dasar jahe segar yang bisa kita buat sendiri. Mari kita simak dulu resep minuman hangat ini :

Minuman Hangat Dari Jahe
By : Resep Kita



Resep 1
Bahan - bahan Minuman Hangat Dari Jahe :

  • 6 ruas jari jahe segar
  • 1  – 2 gelas air
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1 – 2 sendok makan madu asli

Cara membuat Minuman Hangat Dari Jahe :

  1. Kupas jahe kemudian iris tipis-tipis untuk menambah luas permukaan, tujuannya untuk membuat minuman jahe hangat Anda menjadi sangat beraroma.
  2. Rebus jahe kedalam air selama minimal 10 menit. Supaya lebih kuat reasa dan aromanya, biarkan mendidih selama 20 menit atau lebih. Anda bisa menambahkan lebih banyak jahe dari aturan resep ini jika anda inginkan.
  3. Angkat dari kompor, tambahkan air jeruk nipis dan madu secukupnya, saring, dan masukkan kedalam cangkir.
  4. Hidangkan selagi hangat.

Rahasia supaya wedang jahe benar-benar beraroma adalah dengan cara menambahkan banyak jahe, juga menambahkan sedikit tambahan air jeruk nipis dan madu. Anda juga mungkin ingin menambahkan madu banyak juga bisa.

Resep 2
Bahan - bahan Minuman Hangat Dari Jahe :

  • 4 ons jahe, kupas dan iris-iris
  • 4 sendok makan madu
  • 1 buah bunga lawang
  • 4  buah kapulaga
  • 10 buah cengkeh
  • 1 sendok makan jus lemon

Cara membuat Minuman Hangat Dari Jahe :
  1. Tambahkan irisan jahe, bunga lawang, dan kapulaga kedalam 1 liter air mendidih. Didihkan selama 20 menit
  2. Tambahkan cengkeh, kemudian didihkan lagi selama 5 menit
  3. Angkat, kemudian tambahkan jus lemon.
  4. Tambahkan madu, disaring, dan masukkan kedalam cangkir.
  5. Hidangkan selagi hangat

Anda bisa menggunakan jahe lebih banyak dari aturan resep untuk meningkatkan rasa dan aromanya. Atau Anda juga bisa mengganti jeruk lemon dengan beberapa helai kulit jeruk dan  cengkeh. Wedang jahe buatan sendiri yang dibuat dari rimpang jahe segar sangat baik untuk mengatasi mulas akibat masuk angin, menghangatkan badan, meringankan gejala flu serta sakit tengorokan, dan membantu meningkatkan fungsi pencernaan.

Cukup sekian dulu resepnya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga resep tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..