Cara Membuat Makaroni

RESEP KITA - Setiap orang menyukai makaroni dan keju: “makanan nyaman” yang klasik. Ada alasan mengapa makanan ini menjadi kesukaan di antara anak-anak, kakek-nenek, dan orang-orang lainnya – karena kesederhanaannya, rasanya yang mengenyangkan, lezat, dan (pastinya) karena bertabur dengan keju. Ternyata, Anda tidak harus menjadi koki ahli masakan, atau nenek dari 12 orang cucu untuk memasak makanan enak ini di rumah. Dan itu tidak berarti kita beralih menggunakan Makaroni dan Keju instan dari Kraft. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuat makaroni dan keju dalam cara yang berbeda-beda, lihatlah Langkah 1 dari cara pembuatan yang Anda sukai.


Bahan - bahan :
1. Makaroni dan Keju Dimasak di Atas Kompor

  • 0,9 kg makaroni kering bentuk elbow
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 6 sendok makan mentega
  • 8 sendok makan tepung
  • 3 cangkir susu
  • 6 cangkir keju cheddar parut

2. Makaroni dan Keju Panggang

  • 0,2 kg makaroni elbow
  • 3 sendok makan mentega
  • 3 sendok makan tepung
  • 1 sendok makan moster bubuk
  • 3 cangkir susu
  • 1/2 cangkir bawang bombay kuning dipotong-potong
  • 1 daun salam
  • 1/2 sendok teh paprika
  • 1/4 sendok teh buah pala
  • 1/4 sendok teh cabai rawit
  • 1 telur
  • 350 gram keju cheddar tajam parut
  • 1 sendok teh garam
  • Untuk taburan:
  • 3 sendok makan mentega
  • 3/4 cup tepung roti panko

Cara Membuat Makaroni dan Keju Dimasak di Atas Kompor :

  1. Kumpulkan semua bahan-bahan Anda. Unuk membuat masakan makaroni dan keju enak ini di atas kompor, Anda akan memerlukan makaroni elbow kering, garam, minyak sayur, mentega, tepung, susu, dan keju cheddar parut.
  2. Didihkan 4-6 L (16-24 cangkir) air di panci besar. Air ini harus setidaknya 7,5 - 10,2 cm di bawah tepi panci. Nyalakan kompor dengan api sedang ke besar untuk hasil terbaik. Tambahkan sedikit garam ke dalam air. Anda membutuhkan banyak air dalam panci untuk memberi makaroni cukup ruangan untuk termasak dan mengembang. Jika Anda tidak mempunyai air yang cukup, makaroni akan menggumpal menjadi satu dan tidak akan cepat matang.
  3. Masukkan makaroni setelah air mendidih. Tuangkan makaroni dan aduklah untuk menghindarinya dari lengket. Masak pasta selama sekitar 8 menit, atau sampai “al dente” – yaitu lembut, tetapi masih kenyal, dan pastinya tidak lembek. Cobalah 1 buah dengan menggunakan garpu (dengan hati-hati) untuk melihat apakah sudah siap sebelum mematikan kompor. Aduklah setiap 1-2 menit untuk mencapai rasa yang Anda suka atau samapi lembut. Hanya ingatlah untuk memeriksa instruksi yang tertera dalam kotak pasta yang Anda gunakan, karena beberapa tipe pasta memerlukan waktu masak yang lebih lama dari yang lainnya.
  4. Taruh saringan dalam wastafel dan tuangkan pasta dengan airnya ke dalam saringan. Setelah semua air sudah kering, taruh kembali makaroni ke dalam panci dan letakkan di atas oven mitt atau meja dapur (hanya untuk memastikan bahwa api kompor benar-benar telah padam) untuk mendinginkannya.
  5. Dalam panci yang berbeda, panaskan minyak dan mentega di atas api sedang. Ketika mentega sudah mencair menjadi minyak, tambahkan tepung dan aduklah rata dengan pengocok (garpu atau sendok berlubang juga bisa). Teruskan mengaduk perlahan campuran ini selama 3 menit, atau sampai halus dan mulai berwarna sedikit cokelat. Ini adalah saus dasar yang Anda akan gunakan untuk makaroni yang sudah matang. Anda juga dapat memulai membuat sausnya ketika pasta dimasak untuk menghemat waktu.
  6. Dengan perlahan tambahkan susu ke dalam campuran, dan teruslah mengaduk. Anda juga dapat menggunakan garpu atau sendok berlubang. Biarkan campuran ini termasak selama beberapa menit, sering mengaduknya, sampai mencapai titik rendah mendidih (gelembung mencapai permukaan, tetapi tidak langsung pecah) dan mulai mengental. Pastikan Anda sudah mencampur rata semua bahan-bahan dalam campuran ini.
  7. Masukkan keju parut, satu setengah cangkir sekaligus. Teruslah mengaduk sampai semua keju sudah meleleh.
  8. Bumbui saus untuk memberi rasa. Cobalah sausnya dengan hati-hati, taruhlah dalam sendok dan tunggu hingga sedikit mendingin sebelum Anda mencobanya. Lalu, tambahkan garam, merica, buah pala, atau rempah-rempah lainnya yang Anda ingin masukkan agar saus terasa lezat sempurna. Aduk saunya agar semua bumbu meresap ke dalam bumbu.
  9. Tuangkan sausnya ke atas makaroni yang sudah matang. Perlahan aduklah sampai makaroni sudah tertutup semua dengan saus.
  10. Sajikan. Nikmati makanan lezat ini hanya seperti ini, atau dengan salad sehat, atau dengan potongan ayam atau pancetta yang ditambahkan ke dalam makaroni untuk menambah lapisan lain ke makanan lezat ini. Makaroni dan keju sudah cukup hangat, jadi Anda tidak perlu menaruh lebih banyak hal lain lagi pada piring Anda!


Cara Membuat Makaroni dan Keju Panggang :

  1. Panaskan oven Anda sampai 176ÂșC.
  2. Isi panci dengan 4-6 cangkir air dan masaklah sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam dalam air sebelum Anda merebusnya. Anda harus mengisi banyak air ke dalam panci untuk memberi pasta ruang yang cukup untuk termasak dan mengembang.
  3. Masaklah pasta sampai al dente. Pasta al dente berarti sudah matang, namun masih kenyal. Bacalah instruksi pada kotak makaroni untuk melihat berapa lama pasta ini untuk menjadi matang. Biasanya pasta memerlukan waktu sekitar 8 menit, akan tetapi setiap jenis pasta akan berbeda jadi penting untuk membaca instruksi yang tertera di kotaknya.
  4. Campurkan mentega, tepung, dan moster dalam panci yang berbeda. Pertama, lelehkan mentega dalam panci lalu masukkan tepung dan moster, teruslah untuk mengaduknya selama 5 menit. Anda dapat memulai membuat saus ini saat Anda memasak pasta untuk menghemat waktu. Pastikan Anda tetap mengaduk saus untuk menghindari adanya gumpalan.
  5. Masukkan bawang bombay, daun salam, rempah-rempah, dan susu. Diamkan campuran sambil mendidih perlahan selama sekitar 10 menit. Setelah Anda selesai, buanglah daun salam – campuran ini seharusnya sudah menyerap rasanya.
  6. Pecahkan telur ke dalam campuran.
  7. Tambahkan ¾ bagian keju ke dalam campuran. Anda akan membutuhkan sisa keju ini nanti. Tambahkan garam dan merica ke dalam campuran untuk memberi rasa.
  8. Tuangkan saus ke dalam makaroni. Sekarang Anda sudah membuat sausnya, Anda harus melapisi makaroni ke dalam campuran dengan hati-hati.
  9. Taruh makaroni ke dalam loyang panggangan. Taruh campuran berkeju ini ke dalam loyang panggangan berukuran 2 L (8 cangkir). Anda dapat menaruh sisa keju ke atas makaroni. Ini akan memberi rasa lezat tambahan setelah dipanggang.
  10. Buatlah taburan. Lelehkan mentega untuk taburan di dalam panci dan tambahkan tepung roti panko ke dalam campuran. Aduk campuran untuk mencampurkan mentega dan tepung roti.
  11. Taburkan tepung roti ke atas makaroni. Sekarang, tuangkan taburan dari dalam panci langsung ke atas makaroni dalam loyang pangganan. Setelah itu, ini sudah siap untuk dipanggang!
  12. Panggang makaroni selama 30 menit. Oven Anda seharusnya sudah siap sekarang. Masukkan makaroni ke dalam oven dan tunggulah makanan Anda sampai selesai. Ketika siap, Anda dapat mengeluarkannya dari oven dan diamkan selama 5 menit sebelum Anda menyajikannya.
  13. Sajikan. Nikmati makanan lezat ini hanya seperti ini atau dengan salad atau protein pilihan Anda. Dan jika ada makanan yang tersisa, lain kali Anda ingin memakannya, Anda hanya tinggal mengeluarkannya dari kulkas, taruh sedikit minyak dalam panci, dan gorenglah untuk membuat makaroni dan keju goreng!

Cukup sekian dulu resepnya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga resep tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..