Petunjuk Lengkap Untuk Membuat Infused Water

Petunjuk Lengkap Untuk Membuat Infused Water - Sahabat Infused water atau spa water atau dalam bahasa indonesia disebut air infus tengah menjadi trend kesehatan yang baru baik diluar negeri dan kini merebak sampai ke Indonesia.  Di luar negeri, Infused water dipopulerkan oleh blogger asal oregon AS bernama Amy Pogue. Ia sendiri mengaku terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon didalamnya.

Infused water adalah air putih yang telah diberi tambahan potingan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, infused water dibuat dengan memasukan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Berikut ini resep dan cara membuatnya sahabat RESEP KITA silahkan dibaca dulu




Bahan - Bahan :
  • 5 buah lemon
  • 3 buah lime
  • 5 buah jeruk
  • 1/2 liter air putih siap minum
  • Gula pasir atau gula cair, atau sirup secukupnya (bila suka pilih salah satu)
Cara Membuat :
  1. Cuci hingga bersih semua buah, kemudian iris buah melingkar tipis.
  2. Tuangkan air kedalam wadah bersih, kemudian masukkan irisan buah ke dalam air tersebut, tambahkan gula atau sirup secukupnya bila dikehendaki.
  3. Tutup wadah yang berisi racikan Infused Water tadi.
  4. Kemudian masukkan ke dalam kulkas, dan diamkan selama 2 jam.
  5. Selanjutnya tuangkan Infused Water ke dalam gelas saji dan rasakan kesegarannya.
Aneka Kombinasi Buah dalam proses Cara Membuat Infused Water:
  1. Kombinasi buah strawberri dan kiwi, dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkn imun, mengontrol gula darah, dan melancarkan pencernaan.
  2. Kombinasi buah lemon, lime, dan mentimun, dapat mencegah kembung, mengontrol nafsu makan, memperlancar pencernaan.
  3. Kombinasi buah lime, daun mint dan teh hijau, dapat membakar lemak, meredakan sakit kepal, memperlancar pencernaan, memperlancar pernafasan.
  4. Kombinasi buah lime, lemon dan jeruk, dapat mencegah penyakit pyrosis, menambah imun, memperlancar pencernaan, dan memiliki banyak vitamin C.
Tips Membuat Infused Water : 
  1. Pilih buah yang segar, dan cuci hingga benar-benar bersih.
  2. Buah yang digunakan untuk membuat Infused Water adalah buah yang memiliki rasa asam yang lbih tinggi bukan buah yang manis serta memiliki tekstur yang tidak mudah hancur. Macam-macam buahnya seperti strawberri, kiwi, lemon, lime, jeruk, mangga, nanas, apel, blueberry atau anggur. 
  3. Jika menginginkan hasil rasa yang lebih terasa buahnya maka diamkan Infused Water di dalam kulkas selama 5-6 jam sebelum dikonsumsi.
  4. Jika ingin mengisi ulang atau menambahkan air kedalam Infused Water maka segera tuangkan air lagi kedalam wadah buah tadi, kemudian segera masukkan ke dalam kulkas lagi.
  5. Infused Water dapat bertahan 1-3 hari tergantung buah yang dipakai. Lebih baik membuat Infused Water segera habis dalam waktu sekitar 24 jam dan buah hanya sekali pakai, karena buah akan mengalami proses oksidasi dan pembusukkan.
Jangan lupa untuk melihat resep-resep lainnya hanya di RESEP KITA yah sahabat, Terimakasih atas kunjungannya...