Kerang Darah Rebus

Kerang Darah Rebus - Sahabat Kerang darah adalah sejenis kerang yang biasa dimakan oleh warga Asia Timur dan Asia Tenggara. Anggota suku Arcidae ini disebut kerang darah karena ia menghasilkan hemoglobin dalam cairan merah yang dihasilkannya.

Kerang ini menghuni kawasan Indo-Pasifik dan tersebar dari pantai Afrika timur sampai ke Polinesia. Hewan ini gemar memendam dirinya ke dalam pasir atau lumpur dan tinggal di mintakat pasang surut. Dewasanya berukuran 5 sampai 6 cm panjang dan 4 sampai 5 cm lebar.

Budidaya kerang darah sudah dilakukan dan ia memiliki nilai ekonomi yang baik. Meskipun biasanya direbus atau dikukus, kerang ini dapat pula digoreng atau dijadikan satai dan makanan kering ringan. Ada pula yang memakannya mentah.

Seperti kerang pada umumnya, kerang darah merupakan jenis bivalvia yang hidup pada dasar perairan dan mempunyai ciri khas yaitu ditutupi oleh dua keping cangkang (valve) yang dapat dibuka dan ditutup karena terdapat sebuah persendian berupa engsel elastis yang merupakan penghubung kedua valve tersebut.

Kerang darah mempunyai dua buah cangkang yang dapat membuka dan menutup dengan menggunakan otot aduktor dalam tubuhnya. Cangkang pada bagian dorsal tebal dan bagian ventral tipis. Cangkang ini terdiri atas 3 lapisan, yaitu periostrakum adalah lapisan terluar dari kitin yang berfungsi sebagai pelindung lapisan prismatic tersusun dari kristal-kristal kapur yang berbentuk prisma, lapisan nakreas atau sering disebut lapisan induk mutiara, tersusun dari lapisan kalsit (karbonat) yang tipis dan paralel.

Puncak cangkang disebut umbo dan merupakan bagian cangkang yang paling tua. Garis-garis melingkar sekitar umbo menunjukan pertumbuhan cangkang. Mantel pada pelecypoda berbentuk jaringan yang tipis dan lebar, menutup seluruh tubuh dan terletak di bawah cangkang. Beberapa kerang ada yang memiliki banyak mata pada tepi mantelnya. Banyak diantaranya mempunyai banyak insang. Umumnya memilikikelamin yang terpisah, tetapi diantaranya ada yang hermaprodit dan dapat berubah kelamin.

Kakinya berbentuk seperti kapak pipih yang dapat dijulurkan keluar. Kaki kerang berfungsi untuk merayap dan menggali lumpur atau pasir. Kerang bernapas dengan dua buah insang dan bagian mantel. Insang ini berbentuk lembaran-lembaran (lamela) yang banyak mengandung batang insang. Antara tubuh dan mantel terdapat rongga mantel yang merupakan jalan keluar masuknya air.

Itu tadi sekilas pembahasn kita tentang kerang darah, sedikit banyaknya sudah tau kan sahabat tentang kerang darah. Berikut ini RESEP KITA sudah memberi satu resep Kerang Darah Rebus. Silahkan dibaca dulu ya sahabat..



Bahan - Bahan :
  • 1, 5 kg kerang
  • Air bersih untuk rebus
  • 2 irislah bawang bombay
  • 1/4 sdt thyme
  • 2 tangkai peterseli
  • 2 sdm juice lemon
  • Mentega tawar
  • Garam laut
  • Bumbu dapur harum yang lain anda sukai seperti daun adas atau daun salam, sebagian potong kunyit, sebagian irisan cabai bisa ditambahkan.
Cara Membuat :
  1. Tempatkan diatas handuk kering dan bersih dan check, Buang nampaknya tak normal atau telah terbuka bila tidak baunya bakal dengan cepat menebar didalam rumah.
  2. Rendam didalam ember atau tempat bersihkan piring. Proses perendaman itu bakal bersihkan kerang saat sebelum di masak.
  3. Buat larutan garam encer campur 80 g garam non yodium, jika yodium bakal membunuh ke dalam 4 liter air.
  4. Rendam dalam larutan garam itu sepanjang seputar 30 menit, untuk menyingkirkan seluruhnya kotoran didalam dan diluar. Air bersih dapat juga dipakai untuk bersihkan sambil di sikat.
  5. Tuangkan ke saringan atau tiriskan, dan pegangi dibawah air kran mengalir. Gosok hingga bersih dengan sikat kawat.
  6. Tempatkan kembali diatas handuk. Usap dengan handuk untuk mengeringkan dan menyingkirkan kotoran yang masih tetap lengket tersisa.
  7. Masukkan kerang yang telah bersih itu ke wajan pe rebus an. Untuk tiap-tiap 500 gram imbuhkan 150 ml air. Masukkan ke wajan diisi air. Tutup panci dan panaskan diatas kompor dengan api besar.
  8. Pada langkah ini, Anda bisa pilih untuk memberikan bumbu dapur harum sudah dituliskan diatas atau tidak. Bahan itu tak terlampau dibutuhkan, namun bila Anda lebih sukai kaya rasa, imbuhkan bahan ekstra itu, atau cuma beberapa dari beberapa bahan itu saja. Butuh diingat bahwa jumlah bumbu yang tercantum diatas yaitu untuk 1, 5 kg, jadi Anda mungkin saja butuh memberikan atau kurangi jumlah bumbu itu bergantung pada seberapa banyak punya Anda. Bila Anda pilih untuk memberikan bumbu itu, pada tahap inilah waktu pas untuk mengerjakannya "dalam waktu di rebus".
  9. Rebus dalam waktu cukup lama hingga cangkang cangkangnya terbuka, ini bakal ditandai dengan asap juga cangkang cangkang terbuka. Bila sebagian kerang tak terbuka sesudah waktu lama, buanglah karenanya kemungkinan bermakna ia itu telah mati saat sebelum di masak atau mungkin saja bahkan juga merebus lebih lama yang tidak terbuka lantaran kadang-kadang itu memanglah tutup cangkangnya dengan sangatlah erat, yakinkan Anda menyisihkan kerang yang telah terbuka lantaran ini telah matang
  10. Angkat kerang terbuka dari wadah merebus dan tempatkan di piring saji, dapat juga dituangkan sedikit kaldunya ke piring saji itu. Irisan lemon setengah atau seperempat dan sedikit taburan garam jadi hiasan sajian.
  11. Hidangkan pada saat panas dengan mentega cair, roti dapat juga di sajikan untuk menyerap cairan.
Oke sahabat lihat juga resep lainnya hanya di RESEP KITA yah. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat...