Es Kopyor Segar Bugar

Es Kopyor Segar Bugar - Di hari sedang panas-panas nya tentunya kita itu ingin minum sesuatu yang dingin dan juga menyegarkan. Banyak sekali pilihan minuman yang menyegarkan salah satu nya ya ini, yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini sahabat. Es Kopyor Segar Bugar itulah nama minumannya.

Kalau dari para sahabat ada yang suka nya jalan-jalan, pastinya sudah tahu sekali dengan minuman ini. Soalnya, minuman ini sekarang sudah banyak sekali yang jual, baik di warung pinggir jalan, restoran dan di tempat-tempat wisata juga kerap ada lho sahabat minuman ini.


Seperti namanya, minuman ini terbuat dari bahan utama yakni buah kelapa kopyor. Mengapa kelapa kopyor dan bukan kelapa jenis lainnya?. Jawabannya ialah karena kelapa kopyor ini punya daging buah yang lembut sehingga mudah dihancurkan.


Sedangkan kelapa lainnya biasanya daging buah padat dan keras sehingga agak susah untuk dihancurkan. Selain kelapa, minuman ini juga dibuat dengan tambahan bahan lainnya, seperti agar-agar, sirup coco pandan dan lain-lain.


Sahabat mari kita bahas sedikit tentang kelapa kopyor :


Kopyor adalah kelainan genetik pada buah kelapa. Ciri kelainan ini adalah "daging buah" yang empuk atau terlepas dari tempurungnya, jumlah air kelapa sedikit, dan aroma yang khas yang berbeda dari daging kelapa biasa. Sifat ini merupakan hasil mutasi spontan di bagian mayang yang bersifat setempat (biasa dikenal dalam botani sebagai chimera). Perubahan sifat ini dapat terjadi pada saat setelah pembuahan atau bahkan sebelumnya. Buah kelapa kopyor dapat dikenali dengan menggoyang-goyangkan buah ke kiri dan ke kanan, dan akan terdengar bunyi seolah buah kelapa tersebut bukan terisi air tetapi terisi pasir.


Buah kopyor sangat disukai karena rasanya yang menyegarkan bila disajikan sebagai minuman. Kegunaan lainnya ada sebagai bahan kue, baik kue kering maupun kue basah. Nilai ekonomisnya juga sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan kelapa biasa, harga kelapa kopyor dapat mencapai empat sampai lima kalinya. Dengan teknik kultur jaringan orang dapat membuat kelapa yang mampu menghasilkan 70-90% buah kelapa kopyor.


Nah itu tadi pembahasan kita tentang kopyor mari kita simak resep Es Kopyor Segar Bugar berikut ini sahabat





Bahan Es Kopyor Segar Bugar :

  • 1 buah kelapa kopyor
  • 1 bungkus agar-agar (boleh merk nutrijel, swallow ataupun yang lainnya)
  • 1 1/2 sendok sirup coco pandan
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Air kelapa secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Kopyor Segar Bugar :


  1. Ambil wadah / panci, lalu peraslah kelapa kopyor dengan menggunakan air kelapa.
  2. Setelah itu, tuangkan kedalamnya agar-agar dan juga air kelapa kira-kira sebanyak 125 cc.
  3. Lalu tambahkan gula pasir dan juga garam dapur kedalamnya secukupnya (sesuai selera). Kemudian aduk rata, lalu masak dengan menggunakan api kecil sampai mendidih.
  4. Setelah mendidih, matikan api lalu angkat. Tuangkan adonan tersebut sedikit demi sedikit kedalam wadah / gelas yang telah diisi dengan es batu. 
  5. Tuangkan sirup coco pandan kedalamnya, dan es kopyor pun siap untuk dihidangkan & di nikmati.
Cukup sekian dulu resepnya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga resep tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..