Tips Mengolah Kikil Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau

RESEP KITAKikil sapi adalah salah satu bagian kulit sapi yang menempel atau melekat pada daerah sekitar kaki sapi.

Khususnya di Indonesia, bahan makanan yang satu ini sering diolah menjadi berbagai macam olahan masakan yang begitu lezat dan enak. Banyak sekali olahan masakan yang terbuat dari bahan dasar kikil sapi, seperti halnya sop kikil, tumis kikil, kikil kuah bening dan lain sebagainya.

Namun, mengolah kikil agar menjadi olahan masakan atau hidangan yang enak tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya masalah sering muncul ketika mengolahnya, seperti kikil sulit empuk dan bau amis yang luar biasa menyengat. Ditambah lagi dengan lendir yang menempel pada kikil.

Karena seperti itu, banyak orang yang justru mengurungkan niatnya untuk mengolah atau memasak kikil. Bahkan sebagai gantinya, mereka lebih memilih membeli olahan kikil yang sudah jadi.

Membeli olahan kikil yang sudah jadi bukanlah solusi yang tepat. Hal itu justru tidak akan membantu apabila anda mendapatkan kikil dalam keadaan mentah. Untuk itulah, anda juga harus tahu seperti apa cara mengolah kikil yang baik dan benar agar kikil menjadi nikmat, cepat empuk dan tidak lagi bau amis.

Ketika mengolah kikil diperlukan kesabaran yang ekstra, karena jika kita tidak sabar maka olahan kikil yang dihasilkan akan gagal atau menjadi tidak enak.

Penasaran seperti apa cara mengolah kikil yang tepat agar empuk dan tidak bau? Untuk mengetahuinya anda bisa simak tipsnya pada pembahasan di bawah ini.



Cara Membersihkan Kikil

Setelah anda membeli kikil, maka seharusnya anda langsung mencuci kikil tersebut. Cara mencucinya yaitu dengan merendam di dalam air mendidih. Lalu diamkan kikil selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, anda bisa membersihkan kikil seperti biasanya. Apabila terdapat bulu yang masih tersisa, maka anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan pisau.

Rebus Kikil

Setelah kikil bersih, anda bisa merebus kikil dengan menggunakan air biasa hingga kikil menjadi empuk. Agar proses merebus lebih cepat, maka anda bisa merebusnya di dalam panci presto selama kurang lebih 1 jam. Jika anda menggunakan panci biasa untuk merebus kikil, maka untuk membuat kikil menjadi empuk diperlukan waktu selama kurang lebih 2-3 jam. Ketika merebus kikil, anda bisa menambahkan rempah seperti daun jeruk, jahe, daun salam, dan lengkuas.Setelah kikil selesai direbus, anda bisa langsung membuang airnya agar kikil tidak bau.

Tiriskan Kikil

Apabila setelah direbus kikil masih tetap bau, setelah merebus kikil yang pertama kalinya anda bisa langsung meniriskan kikil dan menyiramnya dengan menggunakan air bersih. Hal ini dilakukan agar sisa bau yang masih menempel hilang. Setelah itu, kikil bisa langsung diproses atau diolah menjadi olahan masakan sesuai dengan selera anda.

Cara Membumbui Kikil

Agar olahan kikil lebih nikmat, maka anda bisa membumbui kikil dengan perpaduan bumbu dasar dan rempah-rempah yang khas. Bumbu dan rempah yang dimaksud yaitu, kunyit, daun salam, bawang putih, daun jeruk purut dan lain sebagainya.

Cara Memasak Kikil

Setelah kikil selesai dibumbui, anda bisa langsung memasaknya sesuai dengan selera anda dengan bumbu yang menggoda.

Cukup sekian dulu tipsnya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga tips tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..