Cara Memasak Ikan Sarden Kaleng Yang Enak

RESEP KITA - Sarden adalah jenis ikan yang paling umum dikonsumsi manusia, merupakan ikan berminyak berukuran relatif kecil. Istilah sarden diambil dari nama pulau di Mediterania, yaitu pulau Sardinia di mana ikan sarden pernah terdapat dalam jumlah besar.


Istilah "sarden" seringkali tertukar dengan hewan jenis lain, tergantung definisi dari suatu negara. FAO dan WHO menetapkan 21 spesies ikan yang dapat disebut sarden untuk memudahkan inspeksi dan karantina produk sarden, terutama sarden yang dikalengkan.

Ikan sarden kaya vitamin dan mineral. Satu sajian ikan sarden sudah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan vitamin B, 25 persen niasin, dan 150% kebutuhan vitamin B12. Sarden juga kaya akan mineral fosfor, kalsium, natrium, besi, dan selenium karena sarden dapat dimakan sampai ke tulangnya. Selain itu, sarden merupakan sumber alami asam lemak omega-3 yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ikan sarden juga merupakan sumber vitamin D, kalsium, dan protein yang baik. Ikan sarden tidak berada dalam tingkatan trofik rantai makanan yang tinggi sehingga rendah kontaminan dibandingkan ikan lainnya seperti ikan tuna.

Di berbagai negara, ikan sarden diperjual belikan dalam kemasan kaleng. Di pabrik pengalengan ikan, ikan sarden yang telah ditangkap kapal penangkap ikan dicuci di pabrik, kemudian kepalanya dibuang, dan ikan dimasak. Sarden dimasak dengan minyak panas maupun dipanaskan di dalam kaleng dengan uap panas. Setelah itu, ikan yang telah berada di dalam kaleng direndam dalam campuran minyak yang mengandung bumbu. Sarden kaleng yang dikatakan berkualitas tidak memiliki kepala dan insang. Di berbagai tempat, isi perut ikan juga dibuang sebelum dikalengkan, umumnya dilakukan terhadap jenis sarden berukuran besar.



Bahan utama : Sarden 1 kaleng

Bahan untuk bumbu-bumbu : 

  1. Bawang merah 2 siung diiris tipis-tipis 
  2. Bawang putih 1 siung diiris tipis-tipis 
  3. Cabe merah/ cabe rawit sesuai selera diiris melintang 
  4. Garam 1 sendok teh 
  5. Penyedap rasa ¼ sendok teh 
  6. Minyak goreng 3 sendok makan untuk menumis 
  7. Air 1 gelas atau 200 ml
Cara mengelola sarden kalengan :
  1. Pertama-tama, panaskan minyak dengan api kecil untuk menumis. 
  2. Bila sudah panas, tumis semua bumbu hingga harum. 
  3. Masukkan sardennya dan tambahkan air. 
  4. Tambahkan bumbu penyedap dan garam, kemudian masak hingga matang 
  5. Angkat dan sarden sudah siap dihidangkan.

Tips mengelola sarden kalengan :

  1. Ikan sarden sangat mudah sekali hancur, oleh karena itu dalam memasak sarden jangat terlalu sering mengaduk. 
  2. Banyaknya air untuk kuah sarden bisa dikurangi atau ditambah untuk mengatur kekentalan kuahnya hingga sesuai selera.
Cukup sekian dulu resepnya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga resep tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..