Apem Nasi Mama Riva

RESEP KITA - Mama Riva member dari Jawa Barat mau berbagi resep apem nasi nih sahabat. Tapi sebelumnya kita baca dulu apa sih apem itu sebenarnya.
Dalam tradisi jawa, kita pasti mengenal kue yang satu ini. APEM. Kue yang terbuat dari tepung beras yang didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam ke dalam adonan hingga akhirnya dipanggang dengan cetakan berbentuk bulat pipih. Tapi apakah anda yakin kalau kue ini asli jawa? Atau asli Indonesia? Jangan juga kita marah kalau nanti ada negara lain yang mengklaim kue yang satu ini. Latar belakang budaya yang sama kadang menyebabkan suatu perselisihan. Dimana kita punya Nasi Lemang, Rendang, Opor Ayam, Putu Mayang (di Malaysia dinamakan dengan Putu Mayam). Malaysia pun punya itu semua. Dan darimana sebenarnya makanan itu berasal, itu kadang bisa memicu persoalan menjadi besar. Begitu juga Kue Apem. Dari dahulu saya yakin sekali, kalau Kue Apem itu adalah kue asli Indonesia, khususnya Jawa. Karena kue ini sering hadir di banyak acara. Acara upacara yang diselenggarakan oleh Keraton di tanah Jawa hingga untuk selamatan orang meninggal. Tetapi akhirnya saya berfikir ulang setelah saya diundang makan malam oleh seorang teman yang berasal dari India. Mereka sekeluarga menghidangkan kue “Dosa” yang dinikmati dengan kari kambing. Kue ini rasanya sama dengan apem. Tetapi bentuknya lebih tipis dan lebar. Saat saya mengatakan padanya kalau di Indonesia khususnya di Jawa, saya sering makan kue sejenis ini mereka kaget. Dan saya mengatakan kalau di Jawa namanya Apem. Dan gantian saya yang kaget mendengar penjelasannya. Karena dia bilang di India juga ada kue lainnya, cara membuatnya seperti Dosa ini, tapi agak kecil dan tebal di bagian tengahnya. Dan namanya Appam. Bahan-bahan yang digunakan juga sama dengan Apem dari Jawa. Walau di India, kue Appam ini ternyata banyak sekali variasinya. Karena penasaran, sepulang dari makan malam di rumah mereka, saya langsung berburu informasi di internet. Saya cari tentang Apem, Dosa dan Appam.
Nah ini dia resepnya sahabat silahkan dicoba..

Apem Nasi Mama Riva
By: Mamanya Riva









Bahan - bahan Apem Nasi :
  • 1/2 gelas nasi
  • 1/2 gelas tpung terigu
  • 1/2 gelas tpung beras
  • 1/2 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas air matang/masak
  • 1/2 sdt ragi instan (fermipan)
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak untuk olesan
  • Pasta Frambozen
  • Pewarna biru

Cara Membuat :
  1. Semua bahan dicampur jadi satu,kecuali pasta/pwarna kemudian blender hingga halus.
  2. Lalu diamkan selama 1jam..kemudian adonan bagi menjadi dua yg satu beri pwarna biru dan yg satu beri pasta frambozen..aduk rata.
  3. Tuang kedalam cetakan yg telah diolesi minyak ..kemudian kukus selama 15 menit/smp matang.
  4. Angkat biarkan beberapa menit agar uap panas hilang baru keluarkan dr cetakan.

Selamat mencoba
Nb..Jangan lupa tutup panci untuk pengukus dialasi serbet..

Cukup sekian dulu resepnya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga resep tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..