Resep Bolu Gulung

Bolu gulung (Inggris: Swiss roll) adalah kue bolu yang dipanggang menggunakan loyang dangkal, diisi dengan selai atau krim mentega kemudian digulung. Bolu gulung sering dikenal sebagai jam roll, atau jelly roll di Amerika Serikat.

Kue harus segera digulung selagi masih panas sewaktu baru diangkat dari oven agar kue masih lentur sewaktu digulung dan tidak patah. Kertas roti atau serbet bisa dijadikan alas kue sewaktu menggulung. Gulungan bisa dibuka lagi kalau kue sudah agak dingin untuk diolesi selai atau krim dari mentega dan setelah itu kue digulung kembali. Kue bisa juga langsung diolesi selai sewaktu masih panas-panas sehingga cukup digulung sekali saja.

Krim mentega (buttercream) bisa dibuat beraneka rasa, misalnya dengan menambahkan coklat bubuk, vanila, atau bubuk teh hijau.

Selain rasa di atas juga ada variasi rasa Keju, Mocca, Cokelat Ceres, Mocca Ceres, Blueberry jam, Stroberi Jam, Cokelat Leleh dan Cokelat Leleh Keju.

Bolu Gulung sering dibawa sebagai oleh-oleh/buah tangan untuk teman, kerabat dan guru saat pengambilan raport. Biasanya Bolu Gulung disajikan sebagai teman minum teh/kopi sarapan pagi atau saat minum teh/kopi di sore hari.

Ayo sahabat sekalian kita simak Resep Bolu Gulung dibawah ini :

Resep Bolu Gulung
By : Resep Kita



Bahan-bahan Resep Bolu Gulung :
  • Telur utuh 6 butir
  • Gula pasir 90 gram
  • SP 1 sendok makan
  • Tepung terigu segitiga biru 70 gram
  • Maizena 10 gram
  • Susu bubuk 10 gram
  • Vanila ektra atau perisai vanila 1 sendok teh
  • Margarin atau mentega 125 gram
Cara Membuat Resep Bolu Gulung :
  1. Langkah awal siapkan loyang, olesi dasarnya saja dengan mentega, pinggirannya tidak usah ya bun. Alasi dengan kertas roti, lalu olesi dasarnya lagi dengan mentega, sisihkan. Kemudian set oven disuhu 200 derajat celcius selama 10 menit.
  2. Selanjutnya lelehkan mentega, dinginkan, sisihkan.
  3. Setelah itu masukkan semua bahan dalam baskom kecuali mentega cair tadi, kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, putih dan kental berjejak.
  4. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet sampai adonan merata dan tercampur dengan baik.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang tadi, ratakan permukaannya, lalu hentakkan loyang ke meja beberapa kali. Ini merupakan tips sederhana untuk menghilangkan gelembung. Panggang adonan bolu ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya kurang lebih selama 15 menit dengan suhu 200 derajat celcius sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan.
  6. Setelah matang, angkat bolu lalu dibalikkan dikertas roti. Olesi selai nanas, blueberry, strawberry, cokelat, apel dll sesuai selera. Gulung rata sambil dipadatkan. Selesai.
Oke sahabat tetap semangat yah, jangan pernah bosan mengunjungi RESEP KITA karena disini kita akan terus belajar dan membahas seputar makanan dan minuman.