Cara Membuat Sambal Terasi Segar

Cara Membuat Sambal Terasi Segar - Masyarakat kita sangat menyukai makanan yang pedas dan itu akan membuat makanan tersebut menjadi tambah lezat. Misalnya ada makan seperti sayur lodeh bareng ikan maka pelengkap sempurnanya adalah sambal terasi. Jika makanan tersebut tidak ada rasa pedasnya maka bagi penggemar sesuatu yang pedas akan langsung mencari saus sambal ataupun sambal terasi segar untuk membuatnya lebih menikmati makan tersebut.

Berbagai makanan khas nusantara sangat identik harus menggunakan sambal terasi segar, pembuatannya juga mudah banget dan bisa dibikin semua orang. Beberapa contoh makanan yang wajib untuk ditemani sambal terasi adalah aneka jenis ikan seperti ikan bakar dan lainnya. Seiring perkembangan jaman untuk mengetahui bagaimana pembuatan sambal terasi segar itu cukup mudah bisa lewat internet seperti blog RESEP KITA ini yang menghadirkan cara membuat sambal terasi segar untuk kalian.



Cara Membuat Sambal Terasi Segar

Bahan Membuat Sambal Terasi Segar :
  • garam sekitar 1/2 sdt
  • bawang merah 4 butir dan bawang putih 3 siung
  • gula merah sebanyak 2 sdt
  • jeruk limau sebanyak 1 sdt
  • cabai rawit merah sekitar 10 buah
  • 7 buah cabai merah keriting
  • terasi bakar sekitar 2 sdt
  • 1 buah tomat yang dipotong potong
  • minyak untuk menumis sekitar 3 sdm

Cara membuat sambal terasi :

  1. Pertama-tama adalah menumis bawang putih dan bawang merah, cabai merah, cabai rawit. Tambahkan tomat dan masak sampai layu.
  2. Selanjutnya diulek semua bahan yang sudah ditumis tadi dan tambahkan terasi, garam dan gula merah. Jika sudah diulek sampai rata barulah beri air jeruk limau dan ulek sampai merata.
  3. Sekarang sudah siap deh sambal terasinya.

Setelah tahu cara membuat sambal terasi segar ternyata sangat gampang banget kan resep sambal terasi segar dan enak dan mudah barusan, dengan begini akan bisa menambah wawasan anda lagi deh. Untuk tingkat kepedasannya bisa anda sesuaikan sih seberapa banyak cabe yang digunakan, jika tidak ingin terlalu pedas sambal terasinya maka cabenya bisa di kurangin.

Cukup sekian dulu resep cara membuat sambal terasi segar nya ya sahabat, jangan lupa like, share dan subscribenya. sampai jumpa lagi di RESEP KITA selanjutnya semoga resep tadi dapat bermanfaat untuk para sahabat sekalian..